MAKASSAR – Menjelang akhir tahun 2025, KALLA belum berhenti menorehkan prestasi di level nasional dan kembali menegaskan komitmennya terhadap mutu dan inovasi dengan meraih prestasi gemilang di Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) XXIX. KALLA sukses membawa pulang medali Platinum dan Gold dari kompetisi bergengsi ini, kamis(11/12/2025).

Ajang TKMPN XXIX yang berlangsung di Harmony One & Convention Centre Batam pada akhir November 2025, merupakan ajang kompetisi yang mempertemukan 2.305 Peserta dari 217 Perusahaan dan 634 Tim se-Indonesia.

_Tim KALLA Raih Pencapaian Gemilang_ 

KALLA menurunkan tiga tim terbaiknya dalam kompetisi kali ini. KALLA tidak hanya berpartisipasi, tetapi juga berhasil menunjukkan kinerja unggul di setiap kategori. Masing-masing ialah Small Group Project (SGP) Gain dari Kalla Transport & Logitics dan SGP Marendeng Squad dari Kalla Toyota berhasil meraih Platinum Medal. Lalu, Group Project (GP) The Martan’s dari Kalla Toyota yang meraih Gold Medal.

Quality System Department Head KALLA, Moch Adha Agary, menjelaskan bahwa TKMPN merupakan sebuah ajang tahunan bergengsi di Indonesia yang berfokus pada inovasi, peningkatan mutu (quality), dan produktivitas (productivity) di berbagai sektor industri dan organisasi. TKMPN sekaligus juga menjadi panggung tahunan bagi Perusahaan untuk mendemonstrasikan & mempromosikan keberhasilan serta saling tukar pengetahuan dan pengalaman.

“TKMPN ini juga merupakan forum untuk mengapresiasi perusahaan yang telah menunjukkan komitmennya dalam membangun budaya mutu dan inovasi di Perusahaan dengan melibatkan karyawan dalam kegiatan improvement. KALLA pun telah berpartisipasi aktif dalam ajang ini sejak 2018 dan menampilkan project-project terbaiknya,” ungkap Agary.

_Inovasi Unggulan Tim Pemenang_

Agary pun mengajak karyawan untuk terus berinovasi dan melakukan improvement. Proyek yang dipresentasikan menunjukkan fokus KALLA dalam menciptakan efisiensi dan peningkatan layanan yang signifikan. Keberhasilan SGP Gain dengan judul project “Menghilangkan Ratio Discrepancy Annual Stock Taking Dari 0,006% Menjadi 0% di Depo Makassar Pada Tahun 2025” dapat menjadi motivasi. Begitu pun dengan SGP Marendeng Squad dengan judul project “Menurunkan Lead Time Pekerjaan Servis Berkala Eksternal (SBE) dari 25 Menit Menjadi 5 Menit Pada Proses Pembukaan dan Pemasangan Roda di Kalla Toyota Tana Toraja Di Tahun 2024”. Lalu, GP Martan’s dengan judul project “Enhancing Retail Sales Performance from Achievement 88% to 100% through Trade Cycle Management (TCM) Implementation at Kalla Toyota Palu Martadinata”.

_Komitmen KALLA terhadap Budaya Mutu_

“Pencapaian ini kiranya dapat mendorong karyawan KALLA untuk terus melakukan peningkatan kualitas dari proses kerja pada business unit masing-masing dan tentu saja menciptakan culture kerja yang peka terhadap masalah yang ada, sebagaimana spirit mutu dan produktivitas untuk terus menciptakan perbaikan secara berkelanjutan,” tutur Agary.

Selain TKMPN, KALLA juga sebelumnya telah menorehkan prestasi di ajang kompetisi di bidang productivity dan quality improvement nasional lainnya, yakni Continuous Improvement Conventions (CIC), pada September 2025. Empat perwakilan terbaik yang diutus KALLA langsung manyabet penghargaan di kategori Gold Medal dan Silver Medal.

Untuk mengetahui informasi terbaru mengenai KALLA, masyarakat dapat berkunjung ke website kalla.co.id, Instagram @kallagroup dan @lifeatkalla, Facebook Fanpage di Kalla Group, Twitter di @KallaGroup_ID, dan Youtube Channel di Kalla Group. Atau dapat menghubungi hotline Kalla Care di nomor Whatsapp 0811 4414 030 dan nomor 0411 300 0103.