Piala by.U 2025 Resmi Dimulai di Makassar, Jembatan Menuju Karier Futsal Profesional
Turnamen futsal tingkat SMP dan SMA terbesar oleh by.U akan melibatkan lebih dari 1.080 sekolah di 107 kota/kabupaten, dan memilih 50 pemain futsal terbaik untuk berlatih bersama tim profesional

MAKASSAR – Telkomsel melalui by.U kembali menghadirkan Piala by.U 2025, turnamen futsal terbesar bagi pelajar tingkat SMP dan SMA di Indonesia. Ajang ini akan berlangsung dari April hingga November 2025 di 27 kota penyelenggaraan, melibatkan lebih dari 1.080 sekolah di 107 kota/kabupaten, jum’at(16/05/2025).
Pada roadshow Makassar, penyelenggaraan Piala by.U 2025 dilaksanakan di GOR UNHAS (Universitas Hasanuddin) 16 – 18 Mei 2025 yang diikuti oleh 24 tim tingkat SMP dan 24 tim tingkat SMA yang dibuka oleh General Manager Consumer Business Telkomsel Region Sulawesi – Kuntum Wahyudi , yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulawesi Selatan – H. Suherman, SE, M.M, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin – Prof. DR. Abdul Rahman Kadir, SE, M.Si, CIPM, dan Kabid Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan, Mustakim, S.Pd, M.Si.
Mengusung semangat “Saatnya Kejar Ambisimu, Menjadi Pemain Futsal Pro”, Piala by.U 2025 membuka kesempatan bagi generasi muda untuk mengembangkan bakatnya di dunia futsal. Turnamen ini juga menjadi bagian dari komitmen Telkomsel melalui brand by.U untuk mendukung akselerasi perkembangan ekosistem olahraga nasional serta menciptakan panggung bagi talenta futsal muda berbakat yang ingin melangkah ke level profesional.
General Manager Consumer Business Telkomsel Region Sulawesi – Kuntum Wahyudi, mengatakan piala by.U 2025 bukan sekadar kompetisi, tetapi batu loncatan bagi para pemain muda berbakat untuk mengejar mimpi menjadi pemain futsal profesional.
“Tahun ini, kami menghadirkan pengembangan dari segi kualitas dan kuantitas, sehingga lebih banyak talenta futsal dari berbagai daerah dapat ikut bersaing di tingkat nasional,” ungkapnya.
Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulawesi Selatan – H. Suherman, SE, M.M menyampaikan piala by.U 2025 bukan hanya sebagai ajang kompetisi namun juga sebagai wahana pembinaan karakter, penguatan nilai-nilai kedisiplinan, kerjasama tim serta sportifitas bagi para pelajar.
“Pemerintah Propinsi Sulawesi Selatan terus berkomitmen mendukung pengembangan olahraga karena kami percaya bahwa pembinaan olahraga di tingkat pelajar merupakan investasi strategis dalam mencetak generasi muda yang berkualitas, baik secara fisik maupun moral. Untuk itu, kami mendukung agar kegiatan semacam ini terus berlanjut dan diperluas cakupannya ke seluruh wilayah Sulawesi Selatan. Saya berharap dari kejuaraan ini akan lahir bibit-bibit unggil atlit futsal Sulawesi Selatan yang kelak bisa mengharumkan nama daerah, bahkan Indonesia di tingkat nasional maupun internasional,” pungkasnya.
Selain pertandingan futsal tingkat SMP dan SMA, Piala by.U 2025 juga menghadirkan roadshow MASIH Bersama by.U (Momen AkSI Hiburan Bersama by.U) ke berbagai sekolah. Program ini mencakup Coaching Clinic bersama pelatih profesional, Pep-Talk bersama atlet futsal, dan Sound of Supporter yang mendorong kreativitas para pendukung tim. Tahun ini, juga ada Dance Competition Tingkat SMA yang akan diikuti 10 tim terbaik dari setiap kota.
Tak ketinggalan, maskot “Piyu” beserta jingle resmi Piala by.U akan menyemarakkan suasana pertandingan. Bagi penonton yang hadir di lokasi, tersedia Pop-Up Booth Ustore untuk pembelian kuota dan merchandise eksklusif. Ada pula Promo Kuota Super Kaget by.U dengan paket data 3 GB seharga Rp10.000 untuk 30 hari, memberikan akses internet terjangkau bagi para peserta dan suporter.
Para juara akan mendapatkan uang pembinaan, sertifikat, dan medali di tingkat kota maupun nasional. Lebih dari itu, Piala by.U 2025 akan memilih 50 pemain futsal terbaik dalam program Talent Scouting futsal terbesar di Indonesia untuk mengikuti training camp bersama Cosmo JNE FC Jakarta, Fafage Banua FC Banjarmasin, dan Black Steel FC Papua. by.U juga menggandeng Justinus Lhaksana (Coach Justin) sebagai Sport Director Piala by.U 2025 untuk membimbing dan menilai bakat terbaik.
Sebelumnya, tim futsal tingkat SMP dan SMA yang mengikuti turnamen mendaftar melalui situs resmi Piala by.U 2025. Semua Grand Final di setiap kota akan disiarkan langsung oleh MAXstream, YouTube by.U, dan platform lainnya, sehingga penggemar futsal di seluruh Indonesia dapat menyaksikan aksi para talenta muda terbaik.
Pada gelaran sebelumnya, Piala by.U 2024 berhasil melibatkan 912 tim sekolah dengan 10 ribu atlet pelajar, ditonton oleh lebih dari 1 juta penonton online. Dari program Talent Scouting, 6 pemain berbakat mendapatkan kesempatan berlatih di klub futsal profesional Kuda Laut Nusantara, dan Kofaludin dari SMA IT BBS Bogor kini berkarier sebagai pemain profesional di Tiga Radja United. Di tahun 2024, SMP 2 Makassar menjadi pemenang dan pada tingkat SMA, SMAN 21 Makassar menjadi juara dan mewakili Makassar ke tingkat nasional.
“Kami berharap Piala by.U 2025 dapat menginspirasi lebih banyak pelajar Indonesia untuk berani bermimpi besar dan menjadikan futsal sebagai jalan meraih prestasi. Semoga ajang ini terus melahirkan bintang baru yang mampu bersinar di bidang profesional,” tambah Kuntum.
Dengan segala peluang yang ditawarkan, Piala by.U 2025 siap menjadi ajang futsal pelajar paling bergengsi di Indonesia. Ini saatnya anak muda ambil peluang, tunjukkan bakat, dan kejar ambisi!
Tentang Telkomsel (www.telkomsel.com)
Telkomsel merupakan penyedia layanan telekomunikasi digital terbaik di regional dengan mewujudkan masyarakat Indonesia yang berdaya saing tinggi untuk membuat hari ini menjadi lebih baik dan menciptakan masa depan yang gemilang, dengan menyediakan konektivitas, layanan dan solusi yang inovatif dan unggul bagi semua orang, setiap rumah, dan kegiatan usaha, untuk membuka semua peluang. Selaras dengan semangat Indonesia untuk digitalisasi negeri, Telkomsel berperan sebagai penyedia layanan konvergensi terbesar yang secara konsisten melakukan pemerataan jaringan 4G, mengembangkan teknologi 5G, dan menerapkan teknologi fixed broadband terkini guna meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan serta juga mengembangkan layanan digital meliputi Digital Lifestyle, Digital Advertising, Digital Enterprise Solutions, dan Internet of Things. Selama 29 tahun berdiri, Telkomsel kini hadir dengan dukungan lebih dari 269.000 BTS serta melayani lebih dari 158,4 juta pelanggan mobile dan lebih dari 9,4 juta pelanggan fixed broadband (IndiHome-B2C) yang tersebar hingga ke seluruh pelosok negeri.
Dalam menjalankan operasional perusahaan yang berkelanjutan, Telkomsel juga menerapkan prinsip ESG untuk memberikan dampak positif terhadap ekosistem perusahaan. Informasi dan layanan pelanggan lebih lengkap dapat diakses melalui website: www.telkomsel.com, facebook.com/Telkomsel, Twitter @telkomsel, dan Instagram @telkomsel serta asisten virtual Telkomsel di aplikasi MyTelkomsel.