Tingkat Penyelesaian Keluhan Pelanggan Capai 98%, Bukti Telkomsel Menjaga Pelanggannya 

MAKASSAR – Telkomsel Area Pamasuka mengadakan media update Pamasuka yang mengangkat tema “Rayakan Hari Pelanggan Nasional Bersama Telkomsel” di Grapari Makassar Lantai 2, Jalan A.P Pettarani No.2, Kecamatan Rappocini, rabu(24/09/2025).

Arief Hidayatus Sefian, GM Customer Care Rentention Telkomsel Area Pamasuka yang menjadi narasumber pada kali ini mengatakan Telkomsel kini memberikan kemudahan melalui ragam pilihan kanal layanan pelanggan GraPari di seluruh Indonesia khususnya di wilayah Papua, Maluku, Sulawesi, Kalimantan(Pamasuka).

Langkah ini bukti komitmen Telkomsel, dalam menjaga kepuasan pelanggan, melalui pelayanan purna jual yang optimal dan maksimal.

“Layanan pelanggan merupakan ujung tombak setelah penjualan, mau sehebat apapun penjualan, tetap harus ada after sales yang mengawal; di sinilah peran kami,” ujar arief.

Arief menambahkan, Telkomsel saat ini melayani sekitar 56,9 persen pelanggan seluler dari total populasi Indonesia, serta 52,5 persen pelanggan IndiHome, sementara dari sisi Base Transceiver Station Ratio (BTSR), perusahaan mencatat angka 44,7 persen, angka BTSR memang terlihat kecil, tapi coverage kami sudah menjangkau 93 hingga 94 persen wilayah Indonesia.

“Dari sisi kepuasan, Telkomsel mencatat tingkat penyelesaian keluhan pelanggan atau resolution rate mencapai 98,58 persen, ini bukti nyata komitmen kami dalam menjaga kepuasan pelanggan,” ungkapnya.

Selanjutnya Arief mengatakan saat ini, Telkomsel mengoperasikan 458 GraPARI di seluruh Indonesia, dengan 140 di antaranya berada di Area 4 yang mencakup Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Di wilayah Pamasuka, terdapat 658 customer service yang siap melayani pelanggan dan secara nasional, jumlah CS Telkomsel mencapai sekitar 3.000 orang, selain memperkuat layanan tatap muka, Telkomsel juga mendorong kanal digital melalui aplikasi MyTelkomsel.

Untuk aplikasi My Telkomsel ini, bertransformasi menjadi super app dengan fitur lengkap, mulai dari pembelian paket, pengaduan layanan, hingga pengelolaan akun IndiHome.

“Semua layanan tersedia, termasuk chat dengan virtual assistant Veronica yang bisa diakses melalui WhatsApp, Line, Telegram, hingga situs web,” jelas Arief.

Layanan 24 jam melalui call center 188 tetap tersedia bagi seluruh pelanggan Telkomsel. Untuk pelanggan non-Telkomsel, layanan ini dikenakan tarif Rp300 per panggilan, selain itu, pelanggan juga bisa mengakses layanan melalui UMB *888# dan *363# untuk pembelian paket serta pengecekan pulsa.

Inovasi lain yang terus dikembangkan adalah MyGraPARI, sebuah mesin swalayan digital, yang memungkinkan pelanggan mengganti kartu SIM, membayar tagihan, hingga melakukan aktivasi kartu tanpa bantuan petugas.

“Di Makassar, ada tiga unit mesin MyGraPARI yang sudah tersedia,” kata Arief.

Telkomsel juga memperluas jangkauan melalui kemitraan dengan lebih dari 206 ribu outlet seluler, serta hadir di berbagai platform e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan Lazada, dengan tujuannya, memberikan kemudahan akses produk dan layanan bagi pelanggan di seluruh Indonesia.

“Teknologi boleh maju, tapi kalau masyarakat belum siap, akan percuma. Maka dari itu, edukasi digital juga menjadi bagian dari komitmen kami dalam melayani pelanggan. Telkomsel ingin hadir lebih dekat, baik melalui layanan langsung maupun digital,” tutup Arief

 

 

 

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button