Maybank Indonesia Ajak Siswa Belajar Kelola Uang Sejak Dini

Jakarta — PT
Program ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan menyambut Bulan Literasi Keuangan OJK 2025 dan digelar bersamaan dengan peringatan Hari Anak Nasional.
Sebanyak kurang lebih 450 siswa usia 9–12 tahun terlibat dalam sesi literasi keuangan yang interaktif yang dikemas dengan seru, mulai dari menonton video edukatif, hingga menyusun rencana keuangan sederhana yang melatih kebiasaan finansial sehat sejak dini.
Program ini melibatkan karyawan Maybank Indonesia, termasuk jajaran Direksi, sebagai relawan pengajar yang aktif mendampingi siswa dalam kelas literasi, mencerminkan komitmen nyata terhadap peningkatan literasi keuangan generasi muda.
Presiden Direktur Maybank Indo
Dengan keterlibatan langsung karyawan dan jajaran Direksi, Maybank Indonesia ingin menunjukkan bahwa edukasi finansial adalah tanggung jawab bersama.
“Ini bukan hanya peran institusi keuangan, tetapi juga bentuk kontribusi sosial dalam membekali generasi muda dengan pengetahuan yang akan mereka butuhkan di masa depan. Semangat ini sejalan dengan misi Bank, ‘Humanising Financial Services’ yang terus kami jalankan,” ujar Steffano.
Edukasi Finansial yang Menjang
CashVille Kidz Goes to School merupakan bagian dari program CashVille Kidz, yakni program literasi keuangan jangka panjang yang telah dijalankan sejak 2019 oleh Maybank Foundation dan Yayasan Maybank Indonesia bekerja sama dengan Money Tree. Hingga 2024, CashVille Kidz telah
Pada tahun ini, program CashVille Kidz diperluas untuk menjangkau 7.500 siswa di 27 SD yang tersebar di Jakarta,
Selain siswa, program ini juga menyasar guru dan orang tua, serta anak-anak karyawan Maybank Indonesia melalui pendekatan
Selain Cashville Kidz Goes to School, rangkaian kegiatan CashVille Kidz 2025 yang diselaraskan dengan Bulan Literasi Keuangan OJK juga mencakup:
●CashVille Kidz Bootcamp (8 dan 10 Juli 2025) mengajak 115 anak karyawan dan melibatkan lebih dari 40 relawan mengenal dunia perbank
● Teachers Briefing (17 dan 24
● Family Budgeting Series (Agustus 2025) memberi pelatihan daring dengan target 1.350 orang tua dari 27 Sekolah Dasa
●Financial Education Excellence Award (Desember 2025) menjadi puncak rangkaian kegiatan dengan memberikan apresiasi kepada siswa, guru, sekolah, dan keluarga dari berbagai negara peserta atas kontribusi mereka dalam literasi keuangan.
Puncak Acara, FinEx 2025
Head of Sustainability Maybank Indonesia Maria Trifanny Fransiska mengatakan rangkaian kegiatan CashVille Kidz 2025 dilakukan sejalan dengan kampanye GENCARKAN (Gerakan Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan) yang diinisiasi OJK guna membentuk generasi muda yang cerdas dan
“Dengan pendekatan kolaboratif, inklusif, dan berbasis komunitas, Maybank Indonesia berharap CashVille Kidz dapat terus menjadi sarana strategis dalam mencetak generasi muda yang melek finansial dan mampu
Sebagai puncak dari rangkaian kegiatan CashVille Kidz 2025, Maybank Indonesia akan menggelar Maybank Regional Financial Education Excellence (FinEx) Award 2025 yang akan digelar pada Desember mendatang.
FinEx Awards adalah ajang penghargaan tahunan yang diinisiasi oleh Maybank Foundation, diberikan kepada individu, sekolah, guru, siswa, dan keluarga yang telah menunjukkan prestasi luar
Kegiatan ini digelar untuk
FinEx Awards bersifat lintas negara ASEAN dan telah mencakup Indonesia, Malaysia, Filipina, Vietnam, Kamboja, dan Singapura. Setiap negara memiliki proses seleksi masing-masing, kemudian para finalis terbaik
Tahun lalu, FinEx digelar di Manila dan menghadirkan