MAKASSAR – Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulawesi Selatan kembali menunjukkan komitmennya dalam memperkuat integritas dan kualitas pelayanan publik melalui kegiatan Internalisasi Pembangunan Zona Integritas. Kegiatan ini berlangsung di Kanwil BPN Sulawesi Selatan dan diikuti oleh petugas loket dari 24 Kantor Pertanahan kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan, Senin (1/12/2025).

Kegiatan ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman para petugas loket mengenai standar pelayanan publik yang bersih, transparan, akuntabel, serta berorientasi pada kepuasan masyarakat. Melalui penguatan pemahaman tersebut, diharapkan setiap unit kerja mampu membangun lingkungan kerja yang berintegritas dan bebas dari praktik maladministrasi.

Dalam kegiatan ini, hadir pula narasumber dari berbagai instansi, antara lain Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan, KPPN Makassar I, serta PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Para narasumber memberikan penguatan terkait standar integritas, kualitas layanan, dan tata kelola administratif yang baik.

Kepala Kantor Wilayah BPN Sulawesi Selatan, Donny, memberikan arahan langsung kepada seluruh peserta. Dalam sambutannya, ia menegaskan pentingnya membangun budaya kerja berintegritas demi meningkatkan kepercayaan publik terhadap layanan pertanahan.

“Zona Integritas bukan hanya sebuah predikat, tetapi komitmen berkelanjutan untuk memberikan pelayanan terbaik, bebas dari celah penyimpangan,” ujarnya.

Dari BPN Jeneponto, dua petugas loket yaitu Yuliarni Yunus, S.E. dan Sri Ayu Ningsih, S.I.Kom. turut hadir dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Kehadiran mereka menjadi bagian dari upaya BPN Jeneponto untuk terus meningkatkan kualitas layanan pertanahan di daerah.

Melalui kegiatan ini, Kanwil BPN Sulawesi Selatan berharap seluruh jajaran Kantor Pertanahan semakin siap memperkuat reformasi birokrasi dan meningkatkan kualitas layanan demi terwujudnya pelayanan pertanahan yang cepat, tepat, dan terpercaya. (*)